Senin, 21 November 2011

Next Generation


Heran ni murid kelas 12, susah bgt disuruh cerdas. Sebenarnya mereka hanya malas mikir, pengen cepet selesai and dapat nilai bagus. Caranya ya nyontek kerjaan temannya, parahnya yang dicontek ngawur, dari 20 soal yang benar cuman 7. Tanpa ampun dech 17 orang ane kasih nilai 35.
Ada seh 2-ato 3 orang yang nilainya diatas 80, ntu bukannya karena lebih cerdas dari temannya, tapi karena mau make otaknya buat mikir.
Ane jelasin materi tentang Comparative and Superlative, bandingin lebih dari pada ama paling dalam bahasa Inggris. Waktu ane terangin sich pada ok ok aj, ato pura-pura paham kale.

“any question??”
“no, get it Mr, it’s easy”.
Saya tunjuk dah satu-satu, semua pada bilang paham.
“ ok, do this exercise”.
Yaudah ane kasih dah tuh soal, buat ngecek tuh murid bener-bener bisa pa nggak. Sambil mereka ngerjakan, ane keliling kelas dah buat ngecek satu-satu. 
Gak berapa lama ada yang manggil. “Mr. ini gimana ngerjainnya Mr, gak paham ane”. WTF..!!!
“ loh, tadi saya suruh nanya kok ga nanya, malah sekarang??
_____senyum doank____ “ saya kira gak bakal dikasih latihan Mr”
WTF..!!!
“coba liat catatanmu, semuanya ada disitu kok”
“mmmm.gak nyatet Mr…”
“what…???...”
Padahal yang ane kasih gak lebih dari :
comparative
1 suku kata tambahin er + than
2 suku kata tambahin more…+ than
Ex 3 biji
Superlative
1 suku kata tambahin the….est
2 suku kata tambahin the…. Most
Ex 3 biji Plus beberapa kata tidak beraturan.
BUSSYYEEEETT…!!!! Parah parah parah…!!!! Secuil gitu aj yang ane terangin gak mau dicatet.
“ yaudah terserah lu dah, tadi ane udah nerangin, udah kasih contoh, udah ngasih waktu bertanya, en udah kasih materi buat lu smua catet biar kagak lupa. Sekarang lu bisa apa nggak jawab ni soal bukan urusan ane..preeettt…!!!!
Gak berapa bel tanda ganti jam pelajaran.
“ok…jadiin pee r, besok ane cek”
________SKIP__________
Ane periksa dah tuh pe er, bujubuneng. Dari 32 siswa en siswi, 17 orang jawabannya sama smua. Ketahuan pada nyontek dari satu sumber, parahnya yg dicontek ngawur. Jawaban bener cuman 7 dari 20 soal. ckckckck
Ciri khas anak muda Indonesia dimana aja. Pengen gampangnya aja. Gak mau usaha. Tidak heran kalo udah jadi pejabat pada jadi koruptor dah. Ntar kalo nilainya anjlok lagi-lagi guru yg disalahin.
 Ehm…sebagi guru tugas ane gak cuman mengajar, tapi juga mendidik. Cara ane ya gitu, kalo mereka mau usaha dikit, mau mikir dikit, mau dengerin yang ane jelasin, mau buka catetan, pasti bisa ngejawab soal yang ane kasih.
Tuh buktinya ada beberapa orang yang bisa jawab, en rata-rata yang bisa ngejawab dengn benar pasti yang punya catatan, ato mau buka catatan, atawa make otaknya buat mikir.
Kalo gak, ya gak ada ampun dech. Kagak ada urusan ma ane…huh…!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar